Loading ..
Berikut Skor Maturitas & Pemetaan Dokumen SPIP Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat
No | Unsur SPIP | Skor |
1 | Lingkungan Pengendalian | 1.23 |
2 | Penilaian Risiko | 3 |
3 | Kegiatan Pengendalian | 2 |
4 | Informasi dan Komunikasi | 4 |
5 | Pemantauan Berkelanjutan | 5 |
No | Sub Unsur SPIP | Level | Dokumen | Action | Status | Catatan |
1 | Penegakan Integritas dan Etika | 1 | Adanya mekanisme reviu dan evaluasi temuan audit, hasil penilaian, dan reviu lainnya yang menunjukkan adanya kelemahan dan yang mengidentifikasi perlunya perbaikan |
Penegakan Integritas dan Etika - Level 1 |
||
Aturan kode etik pegawai provinsi belum ada1 2 |
||||||
2 | Dokumentasi Pakta Integritas |
Penegakan Integritas dan Etika - Level 2 |
||||
Pakta Integritas belum dibuat |
||||||
3 | Dokumen Sanksi Pelanggaran Aturan Perilaku/Kode Etik |
Penegakan Integritas dan Etika - Level 3 |
||||
Aturan kode etik belum diterapkan |
||||||
4 | Evaluasi Aturan Perilaku/Kode Etik |
Penegakan Integritas dan Etika - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Evaluasi Aturan Perilaku/Kode Etik |
Penegakan Integritas dan Etika - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Komitmen Terhadap Kompetensi | 1 | Analisis Beban Kerja dan Jabatan (ABKJ) |
Komitmen Terhadap Kompetensi - Level 1 |
||
Pemetaan pegawai belum dilaksanakan ok |
||||||
2 | Sosialisasi Persyaratan Jabatan |
Komitmen Terhadap Kompetensi - Level 2 |
||||
Belum ada sosialisasi persyaratan jabatan |
||||||
3 | Kualifikasi Pejabat Sesuai Persyaratan |
Komitmen Terhadap Kompetensi - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Standar Kompetensi per Jabatan |
Komitmen Terhadap Kompetensi - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut atas Evaluasi Standar Kompetensi |
Komitmen Terhadap Kompetensi - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Kepemimpinan yang kondusif | 1 | Dokumen Prosedur SAKIP |
Kepemimpinan yang kondusif - Level 1 |
||
Penyusunan LAKIP Belum Tertib |
||||||
2 | Sosialisasi SAKIP |
Kepemimpinan yang kondusif - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Dokumen LAKIP |
Kepemimpinan yang kondusif - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas LAKIP |
Kepemimpinan yang kondusif - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Evaluasi Atas LAKIP |
Kepemimpinan yang kondusif - Level 5 |
||||
asdsad |
||||||
4 | Struktur Organisasi Sesuai Kebutuhan | 1 | Struktur Organisasi |
Struktur Organisasi Sesuai Kebutuhan - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Struktur Organisasi dan Tata Laksananya |
Struktur Organisasi Sesuai Kebutuhan - Level 2 |
||||
adasdsad |
||||||
3 | Dokumen Kejelasan Hubungan Pelaporan Intern Dalam Organisasi |
Struktur Organisasi Sesuai Kebutuhan - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi Struktur Organisasi Secara Berkala |
Struktur Organisasi Sesuai Kebutuhan - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Berkelanjutan Atas Evaluasi Struktur Organisasi |
Struktur Organisasi Sesuai Kebutuhan - Level 5 |
||||
aaa |
||||||
5 | Pendelegasian Wewenang dan Tanggung Jawab yang Tepat | 1 | Aturan Prosedur Pendelegasian Penugasan |
Pendelegasian Wewenang dan Tanggung Jawab yang Tepat - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Tentang Pendelegasian Penugasan (Plt, Plh, dsb) |
Pendelegasian Wewenang dan Tanggung Jawab yang Tepat - Level 2 |
||||
asdsadas |
||||||
3 | Laporan Hasil Pendelegasian Wewenang Sesuai Prosedur |
Pendelegasian Wewenang dan Tanggung Jawab yang Tepat - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi Berkala atas Pendelegasian Wewenang |
Pendelegasian Wewenang dan Tanggung Jawab yang Tepat - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Atas Evaluasi Pendelegasian Wewenang |
Pendelegasian Wewenang dan Tanggung Jawab yang Tepat - Level 5 |
||||
adasda |
||||||
6 | Penyusunan dan Penerapan Kebijakan yang Sehat tentang Pembinaan SDM | 1 | Aturan Pembinaan SDM dari Rekrutmen s.d Pemberhentian |
Penyusunan dan Penerapan Kebijakan yang Sehat tentang Pembinaan SDM - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Aturan Pembinaan SDM |
Penyusunan dan Penerapan Kebijakan yang Sehat tentang Pembinaan SDM - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Implementasi Pembinaan SDM( Laporan Rekrutmen, Evaluasi Kinerja Pegawai, dsb) |
Penyusunan dan Penerapan Kebijakan yang Sehat tentang Pembinaan SDM - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Pembinaan SDM |
Penyusunan dan Penerapan Kebijakan yang Sehat tentang Pembinaan SDM - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Evaluasi Pembinaan SDM |
Penyusunan dan Penerapan Kebijakan yang Sehat tentang Pembinaan SDM - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
7 | Perwujudan Peran APIP yang Efektif | 1 | Internal Audit Charter (IAC) atau sejenisnya yang memuat wewenang dan tupoksi inspektorat |
Perwujudan Peran APIP yang Efektif - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialiasi atas IAC atau sejenisnya |
Perwujudan Peran APIP yang Efektif - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | "Laporan Hasil Audit |
Perwujudan Peran APIP yang Efektif - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Kinerja Inspektorat (Telaah Sejawat) |
Perwujudan Peran APIP yang Efektif - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut atas Evaluasi Kinerja Inspektorat |
Perwujudan Peran APIP yang Efektif - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
8 | Hubungan Kerja yang Baik dengan Instansi Pemerintah Terkait | 1 | Aturan/Pedoman Rekonsiliasi Data antar unit organisasi |
Hubungan Kerja yang Baik dengan Instansi Pemerintah Terkait - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Aturan Rekonsiliasi Data |
Hubungan Kerja yang Baik dengan Instansi Pemerintah Terkait - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | "Hasil Rekonsiliasi Data: |
Hubungan Kerja yang Baik dengan Instansi Pemerintah Terkait - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Prosedur Rekonsiliasi Data |
Hubungan Kerja yang Baik dengan Instansi Pemerintah Terkait - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut atas Evaluasi ( Aplikasi Pemantauan Rekonsialiasi ) |
Hubungan Kerja yang Baik dengan Instansi Pemerintah Terkait - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
9 | Identifikasi Risiko | 1 | Aturan/Pedoman Identifikasi Risiko |
Identifikasi Risiko - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Aturan/Pedoman Identifikasi Risiko |
Identifikasi Risiko - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Dokumen Penerapan Identifikasi Risiko (per SKPD) |
Identifikasi Risiko - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Identifikasi Risiko Secara Berkala |
Identifikasi Risiko - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Adanya Aplikasi untuk memantau Pemuktahiran Daftar Risiko |
Identifikasi Risiko - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
10 | Analisis Risiko | 1 | Aturan/Pedoman Analisis Risiko |
Analisis Risiko - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Aturan/Pedoman Analisis Risiko |
Analisis Risiko - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Dokumen Penerapan Analisis Risiko dan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) per SKPD |
Analisis Risiko - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Analisis Risiko dan RTP Secara Berkala |
Analisis Risiko - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Adanya Aplikasi untuk memantau Pemuktahiran Analisis dan RTP Risiko |
Analisis Risiko - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
11 | Reviu Kinerja | 1 | Adanya Tapkin atau Perjanjian Kinerja Tahunan |
Reviu Kinerja - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialiasi Tapkin/Perjanjian Kinerja pada pegawai berkepentingan |
Reviu Kinerja - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Laporan pelaksanaan kinerja berdasarkan Tapkin |
Reviu Kinerja - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi kerja berdasarkan Tapkin secara berkala sesuai efektifitas, efisiensi, dan ekonomis (3E) |
Reviu Kinerja - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut atas evaluasi Tapkin untuk pencapaian tujuan organisasi |
Reviu Kinerja - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
12 | Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) | 1 | "Aturan/Pedoman Pemetaan Pegawai, Persyaratan Jabatan sesuai Tupoksi dan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) " |
Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | "Sosialiasi atas proses pemetaan pegawai, persyaratan jabatan dan SKP " |
Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Laporan pemetaan pegawai, aturan syarat jabatan, SKP |
Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala kinerja pegawai (Surat Tugas atau Laporan Evaluasi) |
Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut evaluasi berkala melalui aplikasi kinerja pegawai |
Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
13 | Pengendalian atas Pengelolaan Sistem Informasi | 1 | Pedoman pengelolaan TI, Buku manual pengoperasian program aplikasi komputer yg digunakan |
Pengendalian atas Pengelolaan Sistem Informasi - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Kebijakan dan SOP pengendalian umum dan pengendalian aplikasi TI |
Pengendalian atas Pengelolaan Sistem Informasi - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | "Bukti pengendalian aplikasi, yg menjamin validitas, kelengkapan, dan akurasi data yg diolah dlm sistem informasi (SK Pengelola Aplikasi) " |
Pengendalian atas Pengelolaan Sistem Informasi - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | "Evaluasi berkala dan terdokumentasi atas pengendalian umum dan pengendalian aplikasi (Surat Tugas / Laporan Evaluasi) " |
Pengendalian atas Pengelolaan Sistem Informasi - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut atas evaluasi pengendalian umum dan pengendalian aplikasi sistem informasi |
Pengendalian atas Pengelolaan Sistem Informasi - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
14 | Pengendalian Fisik atas Aset | 1 | Pedoman pengelolaan BMN/BMD dan pedoman lainnya ttg pengamanan aset pemerintah. |
Pengendalian Fisik atas Aset - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi aturan pengamanan aset |
Pengendalian Fisik atas Aset - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | "Daftar BMN/BMD yang update, |
Pengendalian Fisik atas Aset - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala dan terdokumentasi pelaksanaan evaluasi atas pengamanan BMN/D |
Pengendalian Fisik atas Aset - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut evaluasi pengamanan BMD (Program Aplikasi berbasis web atas pengamanan BMN/BMD) |
Pengendalian Fisik atas Aset - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
15 | Penetapan dan Reviu Indikator Kinerja | 1 | Penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU) per SKPD |
Penetapan dan Reviu Indikator Kinerja - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialiasi IKU |
Penetapan dan Reviu Indikator Kinerja - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Bukti Pengukuran Kinerja (reviu LAKIP oleh BPKP/Menpan/Inspektorat) |
Penetapan dan Reviu Indikator Kinerja - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala atas IKU |
Penetapan dan Reviu Indikator Kinerja - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut atas Evaluuasi IKU secara berkala |
Penetapan dan Reviu Indikator Kinerja - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
16 | Pemisahan Fungsi | 1 | "Pemisahan Tugas dan Tanggung Jawab Formal (Tupoksi Pegawai |
Pemisahan Fungsi - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi pemisahan tugas dan tanggung jawab |
Pemisahan Fungsi - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Bukti pemisahan tugas dan tanggung jawab sesuai ketentuan |
Pemisahan Fungsi - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala pemisahan tugas dan tanggung jawab |
Pemisahan Fungsi - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut evaluasi atas pemisahan dan tanggung jawab |
Pemisahan Fungsi - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
17 | Otorisasi Transaksi dan Kejadian Penting | 1 | Aturan/pedoman otorisasi transaksi penting (Kegiatan Utama) |
Otorisasi Transaksi dan Kejadian Penting - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialiasi aturan/pedoman otorisasi transaksi penting |
Otorisasi Transaksi dan Kejadian Penting - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Bukti pelaksanaan otorisasi transaksi penting |
Otorisasi Transaksi dan Kejadian Penting - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala atas otorisasi transaksi penting |
Otorisasi Transaksi dan Kejadian Penting - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut atas evaluasi |
Otorisasi Transaksi dan Kejadian Penting - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
18 | Pencatatan yang Akurat dan Tepat Waktu | 1 | Pedoman akuntansi, Pedoman pengelolaan BMD, SOP kegiatan utama |
Pencatatan yang Akurat dan Tepat Waktu - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosiaisasi pedoman pencatatan transaksi dan kejadian penting |
Pencatatan yang Akurat dan Tepat Waktu - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Buku kas umum (BKU), jurnal akuntansi, buku mutasi barang, buku penerimaan kas, buku pengeluaran kas, buku penerbitan ijin, buku penerbitan surat ketetapan pajak, dll. |
Pencatatan yang Akurat dan Tepat Waktu - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | "Evaluasi berkala dan terdokumentasi atas pencatatan transaksi dan kejadian penting (Laporan Evaluasi/ berita acara opname kas oleh atasan langsung, berita acara opname persediaan oleh atasan langsung, dll) " |
Pencatatan yang Akurat dan Tepat Waktu - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Program Aplikasi terkait pencatatan transaksi dan kejadian penting berbasis web |
Pencatatan yang Akurat dan Tepat Waktu - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
19 | Pembatasan Akses atas Sumber Daya dan Catatan | 1 | SK penunjukan pemegang BMN/D, SK admin dan operator SIMDA, SK penyimpan kas. |
Pembatasan Akses atas Sumber Daya dan Catatan - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Pengomunikasian pembatasan akses atas sumber daya dan catatan |
Pembatasan Akses atas Sumber Daya dan Catatan - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Penyimpanan aset dan bukti pemilikan aset, pengoperasian SIMDA, SIMPEG, dll. |
Pembatasan Akses atas Sumber Daya dan Catatan - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala dan terdokumentasi thd pembatasan akses atas sumber daya dan catatan |
Pembatasan Akses atas Sumber Daya dan Catatan - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Pengembangan berkelanjutan atas pembatasan akses |
Pembatasan Akses atas Sumber Daya dan Catatan - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
20 | Akuntabilitas Pencatatan dan Sumber Daya | 1 | SK pengelola/pengurus barang, SK pengelola keuangan, SK pengelola kepegawaian, SK pengelola perijinan, SK pengelola pendapatan, dll yg relevan. |
Akuntabilitas Pencatatan dan Sumber Daya - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Pengomunikasian penetapan penanggung jawab pencatatan dan barang |
Akuntabilitas Pencatatan dan Sumber Daya - Level 2 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Laporan mutasi barang, laporan barang, daftar BMN/BMD, LRA, laporan keuangan, laporan kepegawaian, laporan pendapatan,laporan penerbitan ijin, dll laporan lain yg relevan. |
Akuntabilitas Pencatatan dan Sumber Daya - Level 3 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala dan terdokumentasi atas akuntabilitas/pertanggungjawaban pencatatan dan sumber daya |
Akuntabilitas Pencatatan dan Sumber Daya - Level 4 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Pengembangan terus menerus atas akuntabilitas pencatatan dan sumber daya |
Akuntabilitas Pencatatan dan Sumber Daya - Level 5 |
||||
Belum ada Catatan |
||||||
21 | Dokumentasi yang Baik atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) serta Transaksi dan Kejadian Penting | 1 | Kebijakan/Aturan/pedo man/SOP untuk melakukan dokumentasi atas implementasi/penyeleng garaan SPI serta transaksi dan kejadian penting . |
Dokumentasi yang Baik atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) serta Transaksi dan Kejadian Penting - Level 1 |
||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Kebijakan/aturan/SOP pendokumentasian atas implementasi SPI serta transaksi dan kejadian penting |
Dokumentasi yang Baik atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) serta Transaksi dan Kejadian Penting - Level 2 |
||||
0 |
||||||
3 | Formulir-formulir, catatan-catatan, register, dan pengarsipan atas pedomanpedoman/kebijakan terkait implementasi SPI, bagan organisasi, prosedur/alur sistem informasi, serta transaksi dan kejadian penting |
Dokumentasi yang Baik atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) serta Transaksi dan Kejadian Penting - Level 3 |
||||
0 |
||||||
4 | Laporan Evaluasi atas aturan/pedoman/SOP terkait dengan pendokumentasian atas implementasi SPI serta transaksi dan kejadian penting |
Dokumentasi yang Baik atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) serta Transaksi dan Kejadian Penting - Level 4 |
||||
0 |
||||||
5 | Pengembangan berkelanjutan atas kebijakan/aturan/SOP pendokumentasian implementasi SPI serta transaksi dan kejadian penting |
Dokumentasi yang Baik atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) serta Transaksi dan Kejadian Penting - Level 5 |
||||
0 |
||||||
22 | Informasi yang Relevan | 1 | Spesifikasi kebutuhan Informasi SPIP telah ditetapkan secara formal (Infokom masuk dalam dokumen Renstra dan RKT unit organisasi yang bersangkutan), Terdapat dokumen ‘user requirement’ untuk sistem informasi tertentu |
Informasi yang Relevan - Level 1 |
||
0 |
||||||
2 | Terdapat rancangan perekaman dan penyimpan data yang dilakukan secara tertib administrasi |
Informasi yang Relevan - Level 2 |
||||
0 |
||||||
3 | Mekanisme pengolahan data menjadi informasi rinci dan sesuai untuk semua tingkatan Pimpinan Instansi Pemerintah |
Informasi yang Relevan - Level 3 |
||||
0 |
||||||
4 | Laporan program kegiatan yang memuat Evaluasi Infokom |
Informasi yang Relevan - Level 4 |
||||
0 |
||||||
5 | Kesesuaian program kegiatan dengan peraturan perundang-undangan, Tingkat otomatisasi penyajian laporan keuangan |
Informasi yang Relevan - Level 5 |
||||
0 |
||||||
23 | Komunikasi yang Efektif | 1 | Pimpinan telah menetapkan mekanisme untuk mengkomunikasikan informasi yang dibutuhkan |
Komunikasi yang Efektif - Level 1 |
||
0 |
||||||
2 | Adanya saluran komunikasi informal seperti melalui mailist, short message service (sms) , coffe morning dlsb, Adanya whistleblower system di Instansi Pemerintah dan perlindungan bagi pegawai yang melaporkan. |
Komunikasi yang Efektif - Level 2 |
||||
0 |
||||||
3 | "Adanya reward yang disiapkan untuk upaya perbaikan/ inovasi yang dilakukan oleh pegawai. Adanya forum bersama dengan APIP seperti pemutakhiran data hasil pengawasan " |
Komunikasi yang Efektif - Level 3 |
||||
0 |
||||||
4 | Mekanisme memberikan masukan yang signifikan terhadap kualitas pelayanan Instansi Pemerintah. |
Komunikasi yang Efektif - Level 4 |
||||
0 |
||||||
5 | "Terdapat mekanisme pencatatan pengaduan masyarakat dan mekanisme penyelesaian pengaduan tersebut. |
Komunikasi yang Efektif - Level 5 |
||||
0 |
||||||
24 | Pemantauan Berkelanjutan | 1 | kebijakan/SOP pimpinan Instansi Pemerintah menyediakan umpan balik rutin, pemantauan kinerja, dan mengendalikan pencapaian tujuan. |
Pemantauan Berkelanjutan - Level 1 |
||
0 |
||||||
2 | Adanya strategi untuk melakukan komunikasi kebijakan / SOP pemantauan berkelanjutan kepada seluruh pegawai. Adanya tindak lanjut atas pengaduan rekanan mengenai praktik tidak adil oleh Instansi Pemerintah harus diselidiki. |
Pemantauan Berkelanjutan - Level 2 |
||||
0 |
||||||
3 | Adanya komunikasi informasi antara Badan legislatif dan badan pengawas dengan Instansi Pemerintah mengenai kepatuhan atau hal lain yang mencerminkan berfungsinya pengendalian intern dan pimpinan Instansi Pemerintah menindaklanjuti semua masalah yang ditemukan. |
Pemantauan Berkelanjutan - Level 3 |
||||
0 |
||||||
4 | Adanya kegiatan pembandingan antara pencatatan dan fisik aktual didasarkan atas tingkat kerawanan aset. |
Pemantauan Berkelanjutan - Level 4 |
||||
0 |
||||||
5 | Laporan operasional sudah terintegrasi atau direkonsiliasi dengan data laporan keuangan dan anggaran dan digunakan untuk mengelola operasional berkelanjutan, serta pimpinan Instansi Pemerintah memperhatikan adanya ketidakakuratan atau penyimpangan yang bisa mengindikasikan adanya masalah pengendalian intern. |
Pemantauan Berkelanjutan - Level 5 |
||||
0 |
||||||
25 | Evaluasi Terpisah | 1 | kebijakan/ SOP untuk melakukan kegiatan evaluasi terpisah dan mekanisme untuk melaksanakan tindak lanjut temuan audit |
Evaluasi Terpisah - Level 1 |
||
0 |
||||||
2 | Adanya kegiatan sosialisasi dan media untuk komunikasi kegiatan evaluasi terpisah dan tindak lanjut temuan audit |
Evaluasi Terpisah - Level 2 |
||||
0 |
||||||
3 | Adanya pemanfaatan penilaian risiko dan efektivitas pemantauan yang berkelanjutan untuk menentukan lingkup dan frekuensi evaluasi terpisah. |
Evaluasi Terpisah - Level 3 |
||||
0 |
||||||
4 | Adanya staf dengan tingkat kompetensi dan pengalaman yang cukup. |
Evaluasi Terpisah - Level 4 |
||||
0 |
||||||
5 | Adanya mekanisme reviu dan evaluasi temuan audit, hasil penilaian, dan reviu lainnya yang menunjukkan adanya kelemahan dan yang mengidentifikasi perlunya perbaikan |
Evaluasi Terpisah - Level 5 |
||||
0 |
No | Sub Unsur SPIP | Level | Dokumen | Action | Status | Catatan |
1 | Penegakan Integritas dan Etika | 1 | Adanya mekanisme reviu dan evaluasi temuan audit, hasil penilaian, dan reviu lainnya yang menunjukkan adanya kelemahan dan yang mengidentifikasi perlunya perbaikan | |||
Aturan kode etik pegawai provinsi belum ada1 2 |
||||||
2 | Dokumentasi Pakta Integritas | |||||
Pakta Integritas belum dibuat |
||||||
3 | Dokumen Sanksi Pelanggaran Aturan Perilaku/Kode Etik | |||||
Aturan kode etik belum diterapkan |
||||||
4 | Evaluasi Aturan Perilaku/Kode Etik | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Evaluasi Aturan Perilaku/Kode Etik | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Komitmen Terhadap Kompetensi | 1 | Analisis Beban Kerja dan Jabatan (ABKJ) | |||
Pemetaan pegawai belum dilaksanakan ok |
||||||
2 | Sosialisasi Persyaratan Jabatan | |||||
Belum ada sosialisasi persyaratan jabatan |
||||||
3 | Kualifikasi Pejabat Sesuai Persyaratan | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Standar Kompetensi per Jabatan | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut atas Evaluasi Standar Kompetensi | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Kepemimpinan yang kondusif | 1 | Dokumen Prosedur SAKIP | |||
Penyusunan LAKIP Belum Tertib |
||||||
2 | Sosialisasi SAKIP | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Dokumen LAKIP | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas LAKIP | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Evaluasi Atas LAKIP | |||||
asdsad |
||||||
4 | Struktur Organisasi Sesuai Kebutuhan | 1 | Struktur Organisasi | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Struktur Organisasi dan Tata Laksananya | |||||
adasdsad |
||||||
3 | Dokumen Kejelasan Hubungan Pelaporan Intern Dalam Organisasi | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi Struktur Organisasi Secara Berkala | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Berkelanjutan Atas Evaluasi Struktur Organisasi | |||||
aaa |
||||||
5 | Pendelegasian Wewenang dan Tanggung Jawab yang Tepat | 1 | Aturan Prosedur Pendelegasian Penugasan | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Tentang Pendelegasian Penugasan (Plt, Plh, dsb) | |||||
asdsadas |
||||||
3 | Laporan Hasil Pendelegasian Wewenang Sesuai Prosedur | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi Berkala atas Pendelegasian Wewenang | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Atas Evaluasi Pendelegasian Wewenang | |||||
adasda |
||||||
6 | Penyusunan dan Penerapan Kebijakan yang Sehat tentang Pembinaan SDM | 1 | Aturan Pembinaan SDM dari Rekrutmen s.d Pemberhentian | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Aturan Pembinaan SDM | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Implementasi Pembinaan SDM( Laporan Rekrutmen, Evaluasi Kinerja Pegawai, dsb) | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Pembinaan SDM | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut Evaluasi Pembinaan SDM | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
7 | Perwujudan Peran APIP yang Efektif | 1 | Internal Audit Charter (IAC) atau sejenisnya yang memuat wewenang dan tupoksi inspektorat | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialiasi atas IAC atau sejenisnya | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | "Laporan Hasil Audit |
|||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Kinerja Inspektorat (Telaah Sejawat) | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut atas Evaluasi Kinerja Inspektorat | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
8 | Hubungan Kerja yang Baik dengan Instansi Pemerintah Terkait | 1 | Aturan/Pedoman Rekonsiliasi Data antar unit organisasi | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Aturan Rekonsiliasi Data | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | "Hasil Rekonsiliasi Data: |
|||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Prosedur Rekonsiliasi Data | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut atas Evaluasi ( Aplikasi Pemantauan Rekonsialiasi ) | |||||
Belum ada Catatan |
No | Sub Unsur SPIP | Level | Dokumen | Action | Status | Catatan |
9 | Identifikasi Risiko | 1 | Aturan/Pedoman Identifikasi Risiko | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Aturan/Pedoman Identifikasi Risiko | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Dokumen Penerapan Identifikasi Risiko (per SKPD) | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Identifikasi Risiko Secara Berkala | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Adanya Aplikasi untuk memantau Pemuktahiran Daftar Risiko | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
10 | Analisis Risiko | 1 | Aturan/Pedoman Analisis Risiko | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Aturan/Pedoman Analisis Risiko | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Dokumen Penerapan Analisis Risiko dan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) per SKPD | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi atas Analisis Risiko dan RTP Secara Berkala | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Adanya Aplikasi untuk memantau Pemuktahiran Analisis dan RTP Risiko | |||||
Belum ada Catatan |
No | Sub Unsur SPIP | Level | Dokumen | Action | Status | Catatan |
11 | Reviu Kinerja | 1 | Adanya Tapkin atau Perjanjian Kinerja Tahunan | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialiasi Tapkin/Perjanjian Kinerja pada pegawai berkepentingan | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Laporan pelaksanaan kinerja berdasarkan Tapkin | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi kerja berdasarkan Tapkin secara berkala sesuai efektifitas, efisiensi, dan ekonomis (3E) | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut atas evaluasi Tapkin untuk pencapaian tujuan organisasi | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
12 | Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) | 1 | "Aturan/Pedoman Pemetaan Pegawai, Persyaratan Jabatan sesuai Tupoksi dan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) " | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | "Sosialiasi atas proses pemetaan pegawai, persyaratan jabatan dan SKP " | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Laporan pemetaan pegawai, aturan syarat jabatan, SKP | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala kinerja pegawai (Surat Tugas atau Laporan Evaluasi) | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut evaluasi berkala melalui aplikasi kinerja pegawai | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
13 | Pengendalian atas Pengelolaan Sistem Informasi | 1 | Pedoman pengelolaan TI, Buku manual pengoperasian program aplikasi komputer yg digunakan | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Kebijakan dan SOP pengendalian umum dan pengendalian aplikasi TI | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | "Bukti pengendalian aplikasi, yg menjamin validitas, kelengkapan, dan akurasi data yg diolah dlm sistem informasi (SK Pengelola Aplikasi) " | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | "Evaluasi berkala dan terdokumentasi atas pengendalian umum dan pengendalian aplikasi (Surat Tugas / Laporan Evaluasi) " | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut atas evaluasi pengendalian umum dan pengendalian aplikasi sistem informasi | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
14 | Pengendalian Fisik atas Aset | 1 | Pedoman pengelolaan BMN/BMD dan pedoman lainnya ttg pengamanan aset pemerintah. | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi aturan pengamanan aset | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | "Daftar BMN/BMD yang update, |
|||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala dan terdokumentasi pelaksanaan evaluasi atas pengamanan BMN/D | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut evaluasi pengamanan BMD (Program Aplikasi berbasis web atas pengamanan BMN/BMD) | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
15 | Penetapan dan Reviu Indikator Kinerja | 1 | Penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU) per SKPD | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialiasi IKU | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Bukti Pengukuran Kinerja (reviu LAKIP oleh BPKP/Menpan/Inspektorat) | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala atas IKU | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak Lanjut atas Evaluuasi IKU secara berkala | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
16 | Pemisahan Fungsi | 1 | "Pemisahan Tugas dan Tanggung Jawab Formal (Tupoksi Pegawai | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi pemisahan tugas dan tanggung jawab | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Bukti pemisahan tugas dan tanggung jawab sesuai ketentuan | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala pemisahan tugas dan tanggung jawab | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut evaluasi atas pemisahan dan tanggung jawab | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
17 | Otorisasi Transaksi dan Kejadian Penting | 1 | Aturan/pedoman otorisasi transaksi penting (Kegiatan Utama) | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialiasi aturan/pedoman otorisasi transaksi penting | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Bukti pelaksanaan otorisasi transaksi penting | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala atas otorisasi transaksi penting | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Tindak lanjut atas evaluasi | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
18 | Pencatatan yang Akurat dan Tepat Waktu | 1 | Pedoman akuntansi, Pedoman pengelolaan BMD, SOP kegiatan utama | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosiaisasi pedoman pencatatan transaksi dan kejadian penting | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Buku kas umum (BKU), jurnal akuntansi, buku mutasi barang, buku penerimaan kas, buku pengeluaran kas, buku penerbitan ijin, buku penerbitan surat ketetapan pajak, dll. | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | "Evaluasi berkala dan terdokumentasi atas pencatatan transaksi dan kejadian penting (Laporan Evaluasi/ berita acara opname kas oleh atasan langsung, berita acara opname persediaan oleh atasan langsung, dll) " | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Program Aplikasi terkait pencatatan transaksi dan kejadian penting berbasis web | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
19 | Pembatasan Akses atas Sumber Daya dan Catatan | 1 | SK penunjukan pemegang BMN/D, SK admin dan operator SIMDA, SK penyimpan kas. | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Pengomunikasian pembatasan akses atas sumber daya dan catatan | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Penyimpanan aset dan bukti pemilikan aset, pengoperasian SIMDA, SIMPEG, dll. | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala dan terdokumentasi thd pembatasan akses atas sumber daya dan catatan | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Pengembangan berkelanjutan atas pembatasan akses | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
20 | Akuntabilitas Pencatatan dan Sumber Daya | 1 | SK pengelola/pengurus barang, SK pengelola keuangan, SK pengelola kepegawaian, SK pengelola perijinan, SK pengelola pendapatan, dll yg relevan. | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Pengomunikasian penetapan penanggung jawab pencatatan dan barang | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
3 | Laporan mutasi barang, laporan barang, daftar BMN/BMD, LRA, laporan keuangan, laporan kepegawaian, laporan pendapatan,laporan penerbitan ijin, dll laporan lain yg relevan. | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
4 | Evaluasi berkala dan terdokumentasi atas akuntabilitas/pertanggungjawaban pencatatan dan sumber daya | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
5 | Pengembangan terus menerus atas akuntabilitas pencatatan dan sumber daya | |||||
Belum ada Catatan |
||||||
21 | Dokumentasi yang Baik atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) serta Transaksi dan Kejadian Penting | 1 | Kebijakan/Aturan/pedo man/SOP untuk melakukan dokumentasi atas implementasi/penyeleng garaan SPI serta transaksi dan kejadian penting . | |||
Belum ada Catatan |
||||||
2 | Sosialisasi Kebijakan/aturan/SOP pendokumentasian atas implementasi SPI serta transaksi dan kejadian penting | |||||
0 |
||||||
3 | Formulir-formulir, catatan-catatan, register, dan pengarsipan atas pedomanpedoman/kebijakan terkait implementasi SPI, bagan organisasi, prosedur/alur sistem informasi, serta transaksi dan kejadian penting | |||||
0 |
||||||
4 | Laporan Evaluasi atas aturan/pedoman/SOP terkait dengan pendokumentasian atas implementasi SPI serta transaksi dan kejadian penting | |||||
0 |
||||||
5 | Pengembangan berkelanjutan atas kebijakan/aturan/SOP pendokumentasian implementasi SPI serta transaksi dan kejadian penting | |||||
0 |
No | Sub Unsur SPIP | Level | Dokumen | Action | Status | Catatan |
22 | Informasi yang Relevan | 1 | Spesifikasi kebutuhan Informasi SPIP telah ditetapkan secara formal (Infokom masuk dalam dokumen Renstra dan RKT unit organisasi yang bersangkutan), Terdapat dokumen ‘user requirement’ untuk sistem informasi tertentu | |||
0 |
||||||
2 | Terdapat rancangan perekaman dan penyimpan data yang dilakukan secara tertib administrasi | |||||
0 |
||||||
3 | Mekanisme pengolahan data menjadi informasi rinci dan sesuai untuk semua tingkatan Pimpinan Instansi Pemerintah | |||||
0 |
||||||
4 | Laporan program kegiatan yang memuat Evaluasi Infokom | |||||
0 |
||||||
5 | Kesesuaian program kegiatan dengan peraturan perundang-undangan, Tingkat otomatisasi penyajian laporan keuangan | |||||
0 |
||||||
23 | Komunikasi yang Efektif | 1 | Pimpinan telah menetapkan mekanisme untuk mengkomunikasikan informasi yang dibutuhkan | |||
0 |
||||||
2 | Adanya saluran komunikasi informal seperti melalui mailist, short message service (sms) , coffe morning dlsb, Adanya whistleblower system di Instansi Pemerintah dan perlindungan bagi pegawai yang melaporkan. | |||||
0 |
||||||
3 | "Adanya reward yang disiapkan untuk upaya perbaikan/ inovasi yang dilakukan oleh pegawai. Adanya forum bersama dengan APIP seperti pemutakhiran data hasil pengawasan " | |||||
0 |
||||||
4 | Mekanisme memberikan masukan yang signifikan terhadap kualitas pelayanan Instansi Pemerintah. | |||||
0 |
||||||
5 | "Terdapat mekanisme pencatatan pengaduan masyarakat dan mekanisme penyelesaian pengaduan tersebut. | |||||
0 |
No | Sub Unsur SPIP | Level | Dokumen | Action | Status | Catatan |
24 | Pemantauan Berkelanjutan | 1 | kebijakan/SOP pimpinan Instansi Pemerintah menyediakan umpan balik rutin, pemantauan kinerja, dan mengendalikan pencapaian tujuan. | |||
0 |
||||||
2 | Adanya strategi untuk melakukan komunikasi kebijakan / SOP pemantauan berkelanjutan kepada seluruh pegawai. Adanya tindak lanjut atas pengaduan rekanan mengenai praktik tidak adil oleh Instansi Pemerintah harus diselidiki. | |||||
0 |
||||||
3 | Adanya komunikasi informasi antara Badan legislatif dan badan pengawas dengan Instansi Pemerintah mengenai kepatuhan atau hal lain yang mencerminkan berfungsinya pengendalian intern dan pimpinan Instansi Pemerintah menindaklanjuti semua masalah yang ditemukan. | |||||
0 |
||||||
4 | Adanya kegiatan pembandingan antara pencatatan dan fisik aktual didasarkan atas tingkat kerawanan aset. | |||||
0 |
||||||
5 | Laporan operasional sudah terintegrasi atau direkonsiliasi dengan data laporan keuangan dan anggaran dan digunakan untuk mengelola operasional berkelanjutan, serta pimpinan Instansi Pemerintah memperhatikan adanya ketidakakuratan atau penyimpangan yang bisa mengindikasikan adanya masalah pengendalian intern. | |||||
0 |
||||||
25 | Evaluasi Terpisah | 1 | kebijakan/ SOP untuk melakukan kegiatan evaluasi terpisah dan mekanisme untuk melaksanakan tindak lanjut temuan audit | |||
0 |
||||||
2 | Adanya kegiatan sosialisasi dan media untuk komunikasi kegiatan evaluasi terpisah dan tindak lanjut temuan audit | |||||
0 |
||||||
3 | Adanya pemanfaatan penilaian risiko dan efektivitas pemantauan yang berkelanjutan untuk menentukan lingkup dan frekuensi evaluasi terpisah. | |||||
0 |
||||||
4 | Adanya staf dengan tingkat kompetensi dan pengalaman yang cukup. | |||||
0 |
||||||
5 | Adanya mekanisme reviu dan evaluasi temuan audit, hasil penilaian, dan reviu lainnya yang menunjukkan adanya kelemahan dan yang mengidentifikasi perlunya perbaikan | |||||
0 |